Yogurt Bermanfaat Besar untuk Kesehatan Ikan

Senyawa probiotik yang biasa digunakan di yogurt bisa mencegah tumbuhnya bakteri jahat dan meningkatkan pertumbuhan tulang pada ikan.

Probiotik, zat yang biasa kita temukan di yogurt tak hanya baik untuk manusia. Ternyata, zat itu juga bagus untuk ikan.

Dari sebuah studi yang dilakukan oleh para ilmuwan di Institute of Marine and Environmental Technology, memberi makan bayi zebrafish (Danio rerio), terbukti mampu mempercepat pertumbuhan dan meningkatkan peluang mereka untuk bertahan hidup hingga memasuki usia dewasa.

Para peneliti menyebutkan, temuan ini berpeluang membantu meningkatkan keberhasilan mengembangbiakkan ikan-ikan langka yang sulit mencapai usia dewasa. Selain itu, temuan ini juga sangat bermanfaat bagi para peternak karena mempercepat pertumbuhan ikan dari larva (yang merupakan tahapan terberat bagi kelangsungan hidup sang ikan) menjadi dewasa membuat mereka jadi lebih efisien.

Adapun zebrafish dipilih karena para peneliti bisa dengan mudah melacak tahapan-tahapan dalam pertumbuhan mereka akibat cepatnya ikan ini tumbuh besar. Yang menarik, ikan ini juga punya banyak kesamaan genetika dengan manusia dan bisa digunakan untuk mempelajari proses selular dan fisiologi ikan yang bersangkutan dan mempelajari dampaknya terhadap penyakit manusia.

“Temuan ini sangat menyenangkan,” kata Jacques Ravel, salah satu peneliti dari University of Maryland School of Medicine Institute for Genome Sciences, Amerika Serikat. “Mengetahui bahwa kita bisa mengisi pencernaan zebrafish dengan senyawa probiotik dan meningkatkan pertumbuhannya menjadi model yang sangat menarik untuk mempelajari efek menguntungkan dari probiotik pada anak-anak dan dewasa,” ucapnya.

Ravel dan timnya kini tengah mengamati efek probiotik Lactobacillus rhamnosusterhadap pertumbuhan bayi ikan yang lahir prematur. Dalam eksperimen dengan zebrafish, peneliti menambahkan senyawa probiotik yang biasa digunakan di yogurt tersebut di air yang dihuni zebrafish.

Mereka kemudian meminum probiotik itu lewat insang sampai akhirnya sampai di saluran pencernaan, mencegah tumbuhnya bakteri jahat dan meningkatkan pertumbuhan, termasuk tulang belakang, dan kelenjar kelamin.

“Jika kita bisa meningkatkan pertumbuhan dan peluang hidup ratusan atau ribuan telur ikan, ini tentu sangat bermanfaat,” kata Allen Place, peneliti dari Institute of Marine and Environmental Technology. 

Probiotik, kata Place, membantu para zebrafish melewati masa-masa sulit saat pertumbuhan sistem pencernaan mereka sedang berlangsung. “Mereka masih hidup dari kuning telur mereka saat mereka lahir, dan di saat-saat kritis inilah kematian umumnya terjadi,” sebutnya.

“Menambahkan probiotik ke air terbukti meningkatkan peluang hidup larva zebrafish menjadi dewasa dari 70 persen menjadi 90 persen,” ucap Place. (Sumber: Phys.Org. NGI.com)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. AGAM EXTENSION - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger